YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.
Kebanyakan konten di YouTube
diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo,
Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai
bagian dari program kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton
video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak
terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton
oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006,
YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi
beroperasi sebagai anak perusahaan Google.
YouTube didirikan oleh Chad
Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama
PayPal. Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara
Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois at
Urbana-Champaign.
Menurut cerita yang
berulang-ulang diterbitkan di media, Hurley dan Chen mengembangkan ide YouTube
pada bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah mengalami kesulitan saat berbagi
video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Karim tidak datang
ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen berkomentar
bahwa ide YouTube tercetuskan setelah pesta makan "tampaknya diperkuat
oleh metode pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang mudah dicerna
konsumen".
YouTube berawal sebagai sebuah
perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta
dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. Kantor pertama
YouTube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo,
California. Nama domain www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs
ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.
Video pertama di YouTube berjudul
Me at the zoo. Video ini menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San
Diego Zoo. Video ini diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai
sekarang di situs ini.
Bekas logo YouTube, 2006-2011,
dengan gradasi warna yang berbeda.
YouTube menawarkan uji beta pada
Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resmi pada November 2005. Pertumbuhan
situs ini meroket dan pada bulan Juli 2006, perusahaan ini mengumumkan bahwa
lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta
kunjungan video per hari. Menurut data yang dikumpulkan perusahaan riset pasar comScore,
YouTube adalah penyedia video daring utama di Amerika Serikat dengan pangsa
pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar video ditonton pada bulan Mei 2010.
YouTube mengatakan bahwa sekitar video berdurasi total 60 jam diunggah setiap
menit dan tiga perempat materialnya berasal dari luar A.S. Situs ini menerima
delapan ratus juta kunjungan unik setiap bulannya. Diperkirakan bahwa pada tahun
2007 YouTube mengonsumsi pita lebar yang sama besarnya seperti seisi Internet
tahun 2000. Alexa menempatkan YouTube sebagai situs ketiga yang paling banyak
dikunjungi di Internet, setelah Google dan Facebook.
Pemilihan nama www.youtube.com
memunculkan masalah dengan situs bernama serupa, www.utube.com. Pemilik situs
tersebut, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan tuntutan hukum
terhadap YouTube pada bulan November 2006 setelah situsnya dibanjiri pengunjung
yang ingin mencari YouTube. Universal Tube sejak itu mengubah nama situsnya
menjadi www.utubeonline.com. Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. mengumumkan
bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham.
Persetujuan ini dirampungkan pada 13 November 2006. Google tidak memberikan
informasi rinci mengenai biaya operasi YouTube dan pendapatan YouTube tahun
2007 ditulis "tidak material" dalam pengisian formulir wajib. Bulan
Juni 2008, sebuah artikel di majalah Forbes memperkirakan pendapatan YouTube
tahun 2008 mencapai $200 juta setelah mengamati kemajuan penjualan iklannya.
Pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan 15 menit sehari untuk menonton video
di sana, berbeda dengan 4-5 jam sehari yang dihabiskan warga Amerika Serikat
biasa untuk menonton televisi.
YouTube menjajaki kerja sama
pemasaran dan periklanan dengan NBC pada bulan Juni 2006. Bulan November 2008,
YouTube membuat persetujuan dengan MGM, Lions Gate Entertainment, dan CBS, yang
mengizinkan mereka mengunggah film dan episode televisi berdurasi penuh ke
situs ini, disertai kotak iklan khusus penonton AS yang diberi nama
"Shows". Tindakan ini bertujuan menciptakan persaingan dengan situs
web seperti Hulu, yang menyimpan material tayangan dari NBC, Fox, dan Disney.
Bulan November 2009, YouTube meluncurkan "Shows" untuk penonton
Britania Raya dan menawarkan sekitar 4.000 acara berdurasi penuh dari 60
mitranya. Pada Januari 2010, YouTube memperkenalkan layanan sewa film daring,
yang saat ini hanya tersedia untuk pengguna di kawasan Amerika Serikat, Kanada,
dan Britania Raya. Layanan ini menawarkan lebih dari 6.000 film.
Kantor pusat YouTube saat ini di San
Bruno, California
Pada bulan Maret 2010, YouTube
mulai menyiarkan konten tertentu secara gratis, termasuk 60 pertandingan kriket
Indian Premier League. Menurut YouTube, ini merupakan siaran acara olahraga
besar via Internet pertama di dunia yang bersifat gratis.
Pada tanggal 31 Maret 2010,
YouTube meluncurkan desain situs baru dengan tujuan menyederhanakan antarmuka
dan meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di situs ini. Manajer Produk
Google Shiva Rajaraman berkomentar: "Kami merasa perlu mundur sedikit dan
membereskan segalanya." Pada bulan Mei 2010, YouTube dilaporkan melayani
lebih dari dua miliar video per hari, jumlah yang dianggap "nyaris dua
kali lipat penonton primetime di ketiga jaringan televisi terbesar Amerika
Serikat". Pada Mei 2011, YouTube melaporkan di blog perusahaannya bahwa
situs ini menerima lebih dari tiga miliar kunjungan per hari. Bulan Januari
2012, YouTube menyatakan bahwa jumlah tersebut naik menjadi empat miliar per
hari.
Bulan Oktober 2010, Hurley menyatakan
akan mengundurkan diri dari jabatan CEO YouTube dan menjadi penasihat
perusahaan. Salar Kamangar akan mengambil alih kendali perusahaan ini.
Pada bulan April 2011, James
Zern, seorang teknisi perangkat lunak YouTube, mengungkapkan bahwa 30 persen
video di YouTube mewakili 99 persen kunjungan ke situs ini.
Pada November 2011, jejaring
sosial Google+ terintegrasi langsung dengan YouTube dan penjelajah web Chrome,
sehingga video-video YouTube bisa ditonton di Google+. Bulan Desember 2011,
YouTube meluncurkan antarmuka baru. Kanal video ditampilkan di kolom tengah
halaman utama, sama seperti umpan berita situs-situs jejaring sosial. Pada saat
yang sama, versi baru logo YouTube dipasang dengan bayangan merah yang lebih
gelap. Inilah perubahan desain pertama mereka sejak Oktober 2006.