Selasa, 19 April 2016

#PetGame Konsep AI

Pada artikel saya kali ini saya akan membahas akan konsep AI yang terdiri akan Deskripsi AI,  Decision Making,  Path Finding, Tactile & Stategi AI.

yuks langsung saja ke topik utamanya :)


1.  Deskripsi AI



banyaknya sumber referensi yang saya baca membuat saya bingung untuk mengambil kesimpulan apa itu AI. akan tetapi menurut pengamatan pribadi saya sendiri AI atau Artificial Intelligence (Bahasa : inggris ) atau Kecerdasan buatan (bahasa : Indonesia) adalah program yang ditanamkan pada sebuah mesin sehingga mesin tersebut bisa mengerjakan apa yang biasa manusia kerjakan atau dapat melakukan sebuah pekerjaan sebaik manusia itu sendiri. kecerdesan buatan pertama kali di usung oleh Alan Turing melalui mesin ciptaannya yaitu Turing. oh iya jika pengertian saya salah bagaimana jika kita melihat beberapa ulasan menurut para ahli akan pandangannya akan definisi mesin turing? ini dia sedikit ulasan akan AI menurut para ahli :
  • John McCarthy [1956]: Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) ialah Memodelkan proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar menirukan perilaku manusia.
  • H. A. Simon [1987]“ Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) ialah sebuah tempat sebuah penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas”
  • Rich and Knight [1991]: “Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) ialah sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.”
  • Encyclopedia Britannica: “Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) ialah cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”
Nah itu 3 dari kutipan yang saya ambil menurut para ahli jadi bisa dikatakan tidak salahkan?? T_T beri tau saya ya jika salah :D
2.  Decision Making
Decision Making (Bahasa : Inggris) atau Pengambil Keputusan (Bahasa Indonesia) dalam AI (Artificial Intellegence) sangat berpengaruh karena jika tidak ada Decision Making Mesin yang tertanam program AI tidak akan berguna sama sekali. perlu diketahui AI memiliki 2 inti penting yang harus ada yaitu 1. Knowledge Base (Basis Pengetahuan) dan 2. Inference engine (Mesin Inferensi). lalu apa pengertia Knowledge Base dalam AI? Knowledge Base berisi fakta fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dengan lainnya. sedangkan Inferensi Engine kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman. kedua faktor ini akan menjadi pendukung dalam pengambil keputusan AI selain memahami decision making ada juga Decision Tree, State machine, Rule System.


Gambar : dua Decision tree


Decision Tree (Pohon Keputusan) adalah representasi sederhana untuk mengklasifikasikan contoh. Mempelajari Pohon Keputusan merupakan salah satu teknik sukses mengontrol pembelajaran klasifikasi. Untuk bagian ini, menganggap bahwa semua fitur memiliki domain diskrit yang terbatas, dan ada fitur target tunggal yang disebut klasifikasi. Setiap elemen dari domain klasifikasi ini disebut kelas.
Sebuah pohon keputusan atau pohon klasifikasi adalah pohon di mana setiap internal yang (non-daun) simpul diberi label dengan fitur input. Busur yang berasal dari node berlabel dengan fitur diberi label dengan masing-masing nilai yang mungkin dari fitur tersebut. Setiap daun pohon diberi label dengan kelas atau distribusi probabilitas atas kelas.
Untuk mengklasifikasikan contoh, menyaring bawah pohon, sebagai berikut. Untuk setiap fitur ditemui di pohon, busur yang sesuai dengan nilai dari contoh untuk fitur yang diikuti. Ketika daun tercapai, klasifikasi sesuai dengan daun yang dikembalikan.

Gambar : State machine Diagram


oke pada bagian ini saya hanya akan mengulas akan State Machine pada Diagramnya. apa sih State Machine Diagram? State Machine Diagram adalah teknik yang umum digunakan untuk menggambarkan behaviour sebuah sistem. Hal ini digunakan untuk membantu analis, perancang dan pengembang untuk memahami perilaku obyek pada sistem.

3.  PathFinding


path finding merupakan salah satu komponen penting dalam pembuatan game. Path finding telah digunakan di game2 terkenal seperti Dota, Age of Empire, dan game2 besar lainnya. Dengan menggunakan path finding kita bisa membuat AI yang terlihat pintar dan natural. 

Banyak sekali diskusi-diskusi dan teori-teori tentang path finding, mulai dari yang sederhana hingga ke yang kompleks. Sebagian besar diskusi menekankan pada optimisasi dari algorithma path finding  untuk menemukan jalan tercepat dengan waktu terpendek.

4.  Tactile & Strategi AI
Tactile
saya sendiri tidak paham akan apa itu tactile tapi yang saya temukan adalah tactile sensor, Tactile sensor adalah sebuah perangkat yang mengukur informasi yang timbul dari interaksi fisik dengan lingkungannya. Sensor taktil umumnya mencontoh arti biologis dari sentuhan kulit yang mampu mendeteksi rangsangan yang dihasilkan dari stimulasi mekanik, suhu, dan nyeri (meskipun nyeri penginderaan tidak umum di sensor taktil buatan). Sensor taktil bekerja di aplikasi di mana interaksi fisik penginderaan diperlukan, termasuk robotika, perangkat keras komputer dan bahkan sistem keamanan. Salah satu implementasi yang paling umum dari sensor taktil perangkat layar sentuh yang digunakan secara luas di ponsel dan komputer.
Sensor taktil umumnya dikenal dan dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis tergantung pada konstruksi mereka; kelompok yang paling umum adalah piezoresistive, piezoelektrik, kapasitif dan sensor elastoresistive.
Stategi
Strategi iya,kah? hmmmm dalam AI sepertinya Strategi akan melekat pada AI iya. contohnya Heuristic, heuristic adalah Suatu strategi untuk melakukan proses pencarian ruang masalah secara efektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan di sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar. dalam AI sudah dipastikan ada sebuah strategi tentu menggunakan suatu algoritma tertentu


Sekian artikel dari saya jika ada kesalahan mohon dimaklumi yak. :)

Terima kasih






Referensi :
 http://ftp.gunadarma.ac.id/handouts/D3_TK/Intelegensia%20Buatan/PERTEMUAN%20MINGGU%20KE-1.ppt.
http://www.temukanpengertian.com/2013/08/pengertian-artificial-intelligence.html
http://informatika.web.id/category/kecerdasan-buatan/
http://web.if.unila.ac.id/purmanailuswp/2015/09/13/pengertian-artificial-intelligence-kecerdasan-buatan/
http://artint.info/html/ArtInt_177.html
http://www.scribd.com/doc/44031853/State-Machine-Diagram
http://filkom.ub.ac.id/doro/download/article/file/DR00002201312
Semester6

0 komentar:

Posting Komentar