Minggu, 27 November 2016

Rencana Bisnis E-Business Rumah Makan Citra

Nama Anggota Kelompok:


  • Adi Kristianto (50413185)
  • Adriansyah (50413273)
  • Azimata Firusdi (51413565)
  • Fadhil Ikhsan N. (53413035)
  • M. Reza Saputra (55413160)
  • M. Wahyu (55413177)
Kelas: 4IA22
Dosen: Rina Noviana

Ringkasan Eksekutif
Rumah Makan Cita Rasa merupakan rumah makan yang mempunyai konsep yang berbeda dari rumah lain, konsep yang diberikan oleh Rumah Makan Cita Rasa membuat pengunjung merasakan suasana yang nyaman dan juga menyenangkan.

Tujuan
  1. Meningkatkan Penjualan dari Rumah makan citra rasa
  2. Memberikan Pelayanan yang terbaik untuk para Konsumen
  3. Tercapainya Kebutuhan Konsumen
  4. Menguasai Pangsa pasar makanan
Pernyataan Misi
1. Visi : Menjadikan tempat makan kami sebagai tempat yang nyaman untuk dikunjungi dan memberikan pelayanan serta makanan yang terbaik dari kami.

2. Misi :
           a. Memberikan Pelayanan yang terbaik
           b. Memberikan menu makanan yang sehat dan halal
           c. Menjadikan tempat makan kami diketahui masyarakat luas

Perusahaan
Rumah Makan kami ini menjual berbagai macam hidangan lokal dan luar negeri yang tentunya mempunyai kualitas yang terbaik melalui saluran distribusi DXC group dan dijual kepada masyarakat khususnya di Kota Jakarta.

Kepemilikan Perusahaan
Bentuk perusahaan kami dikelola oleh corporation atau tim dan perusahaan kami dimiliki oleh perorangan sehingga memiliki hak dan kewajiban dari setiap anggotanya.

Sejarah Perusahaan
Rumah makan ini kami didirikan pada tanggal 18 Agustus 2015 oleh Adi bersaudara dengan dibantu oleh teman-temannya. Rumah makan kami ini terus berkembang setiap tahunnya demi menjaga reputasi dan kelayakan tempat kami ini.

Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
a. Wifi Lounge
b. Karaoke
c. Tempat Ibadah
d. Taman bermain anak-anak
e. Ruang Khusu Perokok
f. Lahan Parkir

Produksi atau Jasa
Rumah Makan kami memiliki beberapa menu yang dapat dibeli oleh konsumen seperti makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup serta beberapa souvenir dan marchendise yang dapat dibeli oleh konsumen sebagai oleh-oleh.

Deskripsi Barang/Jasa
Barang/Jasa 1
Kami menjual berbagai macam menu hidangan mulai dari hidangan pembuka, hidangan utama, dan hidangan penutup.

Barang/Jasa 2
Di Rumah Makan kami memiliki jasa berupa kamar mandi/WC, lahan parkiran, mushola dll.

Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa

Rumah Makan kami memiliki beberapa menu yang tidak ditawarkan oleh restaurant kami seperti menu western dan makanan lokal yang disajikan dengan olahan seafood, daging serta pasta yang tentunya sangat nikmat untuk dicoba dan dengan harga yang cukup terjangkau sesuai dengan kualitas makanan di restaurant yang kami buat. 

Layanan Konsumen

Kami menawarkan pelayanan kepada pelanggan dengan sangat unik dan sangat nyaman sehingga pelanggan merasakan kenyamanan dalam menyantap makanan yang disediakan. Jika ada keluhan pelanggan dapat memberikan kritik dan saran melalui line telephone kami.

Analisis Pasar


Analisis Industri

Restauran berdiri pada daerah yang ramai dengan rata-rata pekerja kantoran, dengan adanya restaurant kami maka menambah tempat makan di daerah tempat restaurant berada. Untuk pasar makanan di lokasi , adalah mayoritas fast food. Dengan adanya restaurant kami. Kami harap akan mendapatkan respon positif dari pembeli dengan memberikan menu makanan tradisional dengan memberikan konsep nyaman dan tenang.

Peramalan Pasar

Restauran ini memiliki pasar yang cukup baik, dengan adanya fastfood dan tidak adanya warung cita rasa lainnya . maka peluang untuk menjadi lebih baik kedepannya.

Kunci Untuk Sukses
  1. Harga yang diberikan sangat sesuai dengan kualitas
  2. Kenyamana menjadi prioritas kami
  3. Kualitas rasa yang tinggi
  4. Jujur dan berdedikasi tinggi
Strategi Bisnis dan Implementasi

Rumah makan kami memiliki beberapa menu yang dapat dibeli oleh konsumen seperti makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup serta beberapa souvenir dan marchendise yang dapat dibeli oleh konsumen sebagai oleh-oleh.

Periklanan

Media Promosi yang akan digunakan untuk Rumah Makan Cita Rasa yaitu melalui brosur yang diberikan oleh para pekerja kami di sekitaran jalan-jalan dan juga spanduk yang di bentangkan diseputaran jalan raya utama serta melalui medis sosial dan website internet.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang kami akan gunakan memfokuskan pada segmen pasar yang mempunyai taraf ekonomi menengah kebawah dan juga kalangan anak-anak muda dan juga keluarga.

Rencana Penjualan

Tempat Rumah Makan Cita Rasa terdapat di akses jalan masuk yang sangat mudah sehingga sangat mudah menemukan Rumah Makan Cita Rasa serta terdapat spanduk dan juga sosial media yang mendukung untuk rencana penjualan rumah makan kami.

Aliansi Strategis

Tempat  Rumah  Makan Cita Rasa untuk pemasaran bersama itu sangat elegant, dimana untuk modal nya juga tidak terlalu besar dan keuntungan pun bisa lebih di dapat. Kami juga melakukan kerja sama dengan PT Sisri sebagai minuman utama kami.

Organisasi

Pada perusahaan tempat makan kami memiliki 3 komponen departemen yaitu:
  • Departemen Keuangan
  • Departemen Produksi
  • Departemen Pelayanan
Struktur Organisasi


Team Manajemen
  • M.Wahyu dan  M reza Saputra , Owner Resto & bagian  pembuat resep 
  • Adriansyah , Owner Resto & bagian dekorasi ruangan
  • Azimata firusdi& Adi kristianto , Owner Resto & bagian bahan bahan makanan untuk produksi
  • Fadhil , Owner resto& perlengkapan makan

Kesenjangan Team Manajemen
Bagi para karyawan ang belum ada keterampilan akan kami adakan  pelatihan bagi yang sudah menjadi karyawan maupun belum.

Pertimbangan Team Manajemen Lainnya

Tidak ada criteria lain yang mempengaruhi bisnis kita  dan tidak ada pemegang saham utama karena kita membangun usaha ini dengan modal yang dikumpulkan bersama.

Analisis Keuangan

Proyeksi aliran kas sebagian besar kearah bahan bahan makanan yang kita produksi. Dan keuntungan untuk 3 tahun kedepan sekitar 150M. ( Semester7 )

Rencana Keuangan

0 komentar:

Posting Komentar