Game 3D Engine Free
3D RAD
3D RAD adalah perangkat lunak freeware
yang dikembangkan oleh Fernando Zanini dan didukung oleh vendor NVIDIA PhysX.
3D RAD digunakan untuk membuat game 3D, aplikasi 3D interaktif dan berbasis
simulasi fisika yang berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows
XP/Vista/7/8.
Sebagai game engine, 3D Rad mempunyai
editor yang berisi kumpulan komponen yang disebut objek. Objek tersebut bisa
dimanipulasi dengan dikombinasikan dan dikonfigurasikan menggunakan berbagai
macam cara.
Dalam menciptakan suatu game sederhana
pada 3D RAD, pembuat game tidak perlu memahami bahasa pemrograman secara
mendalam karena 3D RAD menggunakan minimal scripting.aplikasi 3D Rad
dirancang khusus untuk memudahkan mereka yang ingin membuat game tanpa pusing
dengan kode-kode yang harus ditulis, hal ini bertujuan untuk menyederhanakan
alur kerja dalam pembuatan dan pengembangan game dengan tanpa mengorbankan
hasil game.
3D RAD tidak memberikan batasan atas
kreatifitas pembuat game. Sesuai perkembangan desain yang mengharuskan
berorientasi objek, maka 3D Rad mendukung scripting via AngelScript yang
berbasis C++. yaitu script yang dibuat para user dan modulnya dapat diterapkan
dan diinteraksikan dengan objek - objek dan script yang lainnya.
Editor dalam 3D Rad berbasis atas
kumpulan komponen/objek yang dapat dikombinasikan dan disetting sendiri oleh
pembuat game yang sesuai dengan keperluannya. Untuk membuat game dengan tingkat
lanjut 3D Rad juga mendukung scripting (via AngelScript) sehingga pembuat game
dapat membuat dan mengembangkan game yang lebih komplek.
Dengan demikian, para pembuat game dapat
berkreasi tanpa batas dengan script (secara profesional) maupun tanpa script
(secara amatir). Penggunaan script akan semakin sering seiring dengan
kompleksitas game yang akan dibuat.
Keunggulan 3D RAD
3D RAD memiliki beberapa keunggulan
dibanding game engine yang lainnya, antara lain :
- Cepat, instan dan mudah. Berbagai objek siap pakai sudah tersedia dan dapat dimodifikasi sesuka hati.
- 3D RAD merupakan aplikasi pembuat game yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis.
- 3D RAD membebaskan lisensi game yang dibuat dengan 3D RAD baik itu untuk commercial maupun non-commercial purpose.
- 3D RAD menyediakan banyak objek siap pakai yang dapat dimanipulasi secara bebas sesuai kebutuhan.
- Dukungan teknologi PhysX membuat kualitas grafis game yang dihasilkan dengan 3D RAD akan lebih alami dan realistis.
3D RAD merupakan game engine yang sangat user friendly karena memiliki
objek-objek yang siap pakai. Setiap objek memiliki fungsi dan karakterisitiknya
masing-masing. Objek-objek yang ada pada 3D RAD telah disesuaikan dengan objek-objek
yang umum ada pada setiap jenis game 3D. Misalnya objek permukaan tanah
(terrain), pohon (tree), mobil (car), langit (skybox), kamera (CamChase) dan
sebagainya.
Berikut ini adalah keseluruhan objek siap pakai yang ada pada 3D RAD
beserta fungsinya ;
1. Airfoil
Digunakan untuk memberi gaya aerodinamis pada objek lain yang memiliki
relasi dengan Airfoil. Objek Airfoil dapat diinteraksikan dengan RigidBody dan
Wind.
2. AnimationControl
Berfungsi untuk mengontrol animasi pada model 3D dan objek Skinmesh.
Animasi yang dapat dikontrol oleh objek ini adalah animation sequences yang
terdapat pada model 3D berformat DirectX (.X).
3. Ball
Ball adalah objek bola siap pakai yang bersifat solid yang dapat mendeteksi
tumbukan (collision) antar objek yang juga bersifat solid. Objek ball juga
sudah memiliki beberapa property seperti massa (mass), radius dan pantulan
(bounciness)
4. Buoy
Buoy berfungsi sebagai simulasi pelampung yang diterapkan pada berbagai
objek yang memiliki massa sehingga objek tersebut dapat mengapung di permukaan
air, maupun melayang di air.
5. Cam1StPerson
Berfungsi sebagai kamera yang berorientasi pada sudut pandang user sebagai
pemain (orang pertama). Kamera ini sekaligus berfungsi sebagai karakter utama.
6. CamChase
Selain sebagai kamera biasa, CamChase memiliki property ‘Chase’ pada objek
lain yang akan dijadikan target kamera. CamChase juga memiliki efek kamera
seperti buram (blur) dan efek shaking.
7. Car
Car merupakan objek utama yang umum digunakan pada 3D rad. Car merupakan
objek mobil yang sudah siap digunakan.
8. CarAI
CarAI (Car Artificial Intelegence) adalah fitur kecerdasan buatan yang
dapat lagsung diinteraksikan dengan Car. CarAI membuat mobil bisa bergerak
secara auto (sendiri) sesuai dengan property AI yang digunakan.
9. Character
Berfungsi sebagai kontrol dari sebuah karakter. Character dapat
diinteraksikan dengan RigidBody yang bentuknya dapat bergerak bebas (seperti
bola).
10. ConfigureControls
Jika objek ini ditambahkan dalam game, maka user dapat menentukan sendiri
input yang akan digunakan dalam game. Contoh : Walaupun secara default game
dimainkan dengan keyboard, tidak menutup kemungkinan user dapat menggunakan
joystick sebagai input device.
11. Counter
Counter adalah objek yang digunakan sebagai pengganti fungsi increment/decrement
suatu parameter. Counter biasa diterapkan untuk mengubah value parameter
seperti score, lives, player health dan sebagainya.
12. EventOnContact
EventOnContact akan menjalankan perintah yang telah dibuat sebelumnya jika
mendeteksi tumbukan/kontak fisik/ collision antar objek solid.
13. EventOnInput
EventOnInput akan menjalankan perintah
yang telah dibuat sebelumnya jika mendeteksi adanya input dari user.
14. EventOnLocation
EventOnLocation akan menjalankan perintah yang telah dibuat sebelumnya jika
objek yang memiliki relasi dengan EventOnLocation berada pada lokasi yang telah
ditentukan.
15. EventOnObjectId
Walaupun memiliki bentuk yang sama, setiap objek memiliki Id tersendiri.
User bisa memberi perintah yang berbeda pada ObjectId yang berbeda.
16. EventOnProximity
EventOnValue menjalankan perintah yang telah dibuat sebelumnya jika telah
mencapai kondisi jarak antar objek.
17. EventOnValue
EventOnValue menjalankan perintah yang telah dibuat sebelumnya jika telah
mencapai kondisi value tertentu.
18. EventTimer
EventTimer akan memulai/menghentikan property active dari sebuah objek
setelah waktu yang ditentukan telah habis.
19. ExitFade
ExitFade adalah objek yang berfungsi untuk mengakhiri project yang aktif
dan memulai project selanjutnya dengan efek fade.
20. Fog
Digunakan untuk menambahkan efek kabut(fog) pada game.
21. Force
Force digunakan untuk menambahkan gaya pada objek 3D yang berbentuk fisik
seperti RigidBody.
22. ForceFeedback
ForceFeedback adalah objek yang berfungsi untuk mensimulasikan gaya
sebab-akibat. Contohnya dalam kasus bola yang memantul.
23. G-Force
G-Force diterapkan untuk memberikan simulasi gaya gravitasi. Seluruh objek
fisik yang memiliki relasi terhadap G-Force akan jatuh sesuai dengan arah
gravitasi.
24. Group
Group digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup.
Penggunaan group tidak akan berpengaruh pada relasi antar objek. Group hanya
memudahkan user dalam mengatur letak dan posisi objek dalam jumlah banyak
sekaligus.
25. GUIWindow
GUIWindow dapat memberikan tampilan GUI pada game untuk mengatur
parameter-parameter yang diijinkan untuk diubah.
26. HighwayConstructionKit
Digunakan untuk mendesain konstruksi jalan raya di dalam game. Objek ini
merupakan objek fisik statis yang dapat mendeteksi collision dengan objek Car.
27. Imposter
Imposter digunakan untuk melakukan kloning / penggandaan objek pada saat
game di-run oleh user atau dalam kondisi tertentu. Penggandaan objek dapat
dilakukan secara acak (random) ataupun dengan pola.
28. Joint
Joint adalah objek non fisik yang berfungsi untuk menggabungkan antara
objek fisik yang satu dengan objek fisik yang lain.
29. Particles
Particles digunakan untuk menambah efek yang berbentuk partikel seperti
ledakan, hujan, salju, asap, debu dan lain-lain.
30. Path
Path adalah objek 3D non fisik yang digunakan untuk membuat suatu jalur
(path) yang dapat diikuti / ditelusuri oleh objek yang terkait.
31. PathFinder
PathFinder digunakan untuk membuat suatu objek dapat menemukan target yang
ditentukan. Objek dapat mencari target melalui jalur tercepat walaupun
diberikan halangan atau rintangan.
32. PCar
PCar adalah objek yang hampir sama dengan Car namun memiliki fitur dan
parameter yang lebih lengkap.
33. PointLight
Berfungsi sebagai sumber cahaya pada game. Peletakkan PointLight akan
berpengaruh pada bayangan (shadows) setiap objek yang memiliki parameter
shadows.
34. Projectile
Projectile berfungsi untuk memberikan gaya seperti peluru pada objek. Objek
dapat terlempar bahkan melesat sesuai dengan nilai kelajuan yang diberikan.
35. RaceTracker
RaceTracker adalah objek fisik yang digunakan untuk membuat lintasan
balapan. RaceTracker sudah dilengkapi beberapa property yang direlasikan dengan
CarAI supaya CarAI dapat mendeteksi lintasan balap.
36. RigidBody
RigidBody adalah objek fisik yang dibentuk dari model 3D berformat DirectX
(.X). RigidBody dapat mendeteksi adanya collision antar objek fisik. RigidBody
juga dapat memiliki massa dan dapat direlasikan dengan gravitasi (G-Force /
Force).
37. Rock
Rock adalah objek siap pakai berupa bentuk batu-batuan.
38. Scanner
Scanner adalah objek non fisik yang digunakan untuk mendeteksi objek fisik
yang berada dalam garis lurus scanner. Cara kerja scanner mirip seperti cara
kerja sinar laser di dunia nyata.
39. Script
Script adalah objek yang memungkinkan user menuliskan kode (melakukan
coding) dengan bahasa pemrograman C++ yang telah memiliki fungsi-fungsi 3DRad.
Bahasa ini juga sering disebut AngelScript.
40. Skinmesh
Skinmesh adalah objek fisik yang tidak memiliki massa dan tidak dapat
mendeteksi collision antar objek.Skinmesh biasanya digunakan untuk membuat
“kulit” dari RigidBody.
41. SkyBox
Digunakan untuk memberikan objek langit (cakarawala) pada game.
42. SoundEffect
SoundEffect adalah objek yang digunakan untuk menambahkan efek suara.
43. SoundSource
SoundSource adalah objek yang diggunakan untuk menambahkan sumber suara
pada suatu objek fisik. Suara yang dihasilkan akan sesuai dengan keberadaan
objek. Jika objek ada di jarak yang jauh, volume sumber suaranya akan mengecil,
begitu pula sebaliknya.
44. Spring
Spring adalah objek yang memiliki visualisasi bentuk shockbreaker (peredam
kejut) dan memiliki sifat yang mirip pegas. Objek ini dapat diaplikasikan pada
Car maupun PCar untuk menambah kesan realistis secara visual.
45. Sprite
Sprite adalah objek dengan 2 dimensi. Pada umumnya sprite diimplementasikan
dalam bentuk menu, tombol, karakter dan background.
46. SunLight
SunLight adalah objek non fisik yang dapat memberikan pencahayaan pada
objek fisik lain. Objek ini disimulasikan seperti cahaya matahari.
47. Switch
Switch adalah fungsi yang digunakan untuk melakukan pertukaran (switch)
pada objek fisik yang di-handle olehnya.
48. Terrain
Terrain adalah objek fisik siap pakai yang digunakan untuk mensimulasikan
kontur permukaan tanah (terrain).
49. TextPrint
TextPrint digunakan untuk menampilkan teks pada display game.
50. Trail
Secara fungsi, Trail hampir mirip dengan Particles. Bedanya, Trail akan
meninggalkan jejak partikel sepanjang jalur yang dilewati.
51. Transform
Transform adalah objek non fisik yang berfungsi untuk memberikan
transformasi pada suatu objek fisik.
52. Tree
Tree adalah objek fisik yang memiliki visualisasi bentuk pohon. Objek
memiliki property collision detection yang dapat diatur.
53. ValueLabel
ValueLabel digunakan untuk mencetak suatu value (seperti score, money,
health, dsb.) ke layar.
54. ValueLabelBar
ValueLabel digunakan untuk mencetak suatu value (seperti score, money,
health, dsb.) ke layar namun dalam bentuk persegi panjang (bar).
55. Velocity
Velocity digunakan unruk memberi kelajuan pada suatu objek fisik. Fungsi
objek ini hampir sama dengan Projectile.
56. WayPoint
WayPoint dapat dijadikan objek fisik maupun non fisik. Fungsinya adalah
untuk menandai CheckPoint suatu tempat. Objek ini biasa dipakai pada game
balapan (racing).
57. Wheel
Wheel adalah objek siap pakai yang berfungsi sebagai “kulit” dari roda pada
Car / PCar.
58. Wind
Wind adalah objek non fisik yang siap
pakai. Wind berfungsi untuk mensimulasikan gaya akibat angin. Objek yang dapat
dipengaruhi oleh Wind adalah AirFoil dan RigidBody.
BGE merupakan
kepanjangan dari Blender Game Engine, yang merupakan salah satu fitur luar
biasa Blender. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah aplikasi
interaktif seperti game. Piandu, merupakan salah satu aplikasi interaktif yang
telah saya buat menggunakan BGE. Saya membuat aplikasi tersebut menggunakan BGE
dan memanfaatkan game logic yang telah disediakan, sehingga saya tidak perlu
menuliskan script pemrograman, hanya memerlukan pemahaman logika.
Gunakan Lowpolly
Modeling
Hal ini akan berpengaruh pada saat game dijalankan, karena semakin banyak vertex yang kita gunakan, maka akan semakin berat dalam menjalankannya. Jadi jika membuat game dengan highpolly modeling, kita juga perlu menggunakan PC yang memiliki spesifikasi yang high juga.
Hal ini akan berpengaruh pada saat game dijalankan, karena semakin banyak vertex yang kita gunakan, maka akan semakin berat dalam menjalankannya. Jadi jika membuat game dengan highpolly modeling, kita juga perlu menggunakan PC yang memiliki spesifikasi yang high juga.
Manfaatkan texture
untuk memperoleh kedetailan Model
Kita tidak menggunakan banyak vertex untuk mendapatkan ketebalan model. Kita juga bisa manfaatkan texture dan tambahkan normal map untuk mendapat efek timbul pada texture.
Kita tidak menggunakan banyak vertex untuk mendapatkan ketebalan model. Kita juga bisa manfaatkan texture dan tambahkan normal map untuk mendapat efek timbul pada texture.
Akali efek-efek
particles dengan texture
Ini salah satu contoh yang pernah kami terapkan pada game adventure boy. Efek air terjun yang bisa dibuat menggunakan fluid, diganti dengan membuat texture air. Kemudian texture tersebut kita tempelkan pada circle dan kita putar terus-menerus circlenya.
Ini salah satu contoh yang pernah kami terapkan pada game adventure boy. Efek air terjun yang bisa dibuat menggunakan fluid, diganti dengan membuat texture air. Kemudian texture tersebut kita tempelkan pada circle dan kita putar terus-menerus circlenya.
contoh game
menggunakan aplikasi blender game engine :
FLOWLAB
Dengan Flowlab, pengguna dapat membuat sendiri
berupa game Flash dan iOS tepat di browser mereka. Secara online membuat
game/permainan dan melayani pengembang game yang tidak memiliki pengetahuan
sebelumnya dalam coding/pemrograman. Para pembuat game/permainan memiliki semua
alat pengembang game versi amatir. Dan karena toolset disimpan secara online
maka hal itu membuat lebih mudah bagi pengembang game untuk berbagi permainan
mereka.
Pemrograman berbasis Flowlab yang memungkinkan
pengguna mudah untuk membuat permainan logika canggih. Flowlab juga memiliki
built-in animasi dan alat – alat gambar yang memungkinkan pengguna untuk
membuat karakter, NPC dan animasi.
Satu-satunya kelemahan adalah bahwa versi gratis memiliki
sumber daya yang terbatas (hanya 50 obyek dan 5 level/tingkat). Pengembang
dapat membuat maksimal 3 game. Versi Pro memungkinkan mereka membuat game
unlimited menggunakan karakter yang tak terbatas dan level. Seiring dengan
sumber daya terbatas, versi berbayar memungkinkan pengguna untuk
mempublikasikan permainan mereka ke iTunes.
Game 3D Engine Berbayar
Unity3D
Unity3d atau Unity adalah sebuahsoftware atau program komputer yang saat ini
sedang populer di kalangan game developer atau para pembuat game. Dengan
program Unity3d kita
bisa membuat game dengan mudah dan cepat, dan yang lebih menguntungkan lagi
bahwa game yang kita buat bisa dimainkan di berbagai platform, mulai dari PC
(Windows, Mac), Website (Unity Web Player, Flash), Perangkat Mobile (Android,
iOS), dan berbagai perangkat console (Nintendo Wii, PS3, Xbox 360).
Program Unity3d terdiri
dari dua versi yaitu ada yang versi FREE dan PRO. Versi FREE merupakan versi gratis dari Unity
sedangkan versi PRO merupakan versi berbayar yang pada saat artikel ini ditulis
harganya $1500. Versi PRO ini dapat dicoba selama 30 hari, setelah habis masa
percobaan akan menjadi versi FREE jika kita tidak membeli lisensinya. Perbedaan
versi-versi ini terletak pada fitur-fiturnya, dimana versi PRO dijual dengan
fitur lengkap sedangkan versi FREE digratiskan dengan beberapa fitur saja.
Versi FREE hanya mendukung berbagai perangkat saja, sedangkan versi PRO
mendukung banyak perangkat.
Hal yang paling menarik
dari Unity3d adalah
kemampuannya dalam mendukung berbagai perangkat teknologi. Unity3d membutuhkan
perangkat tambahan (add-on) untuk melakukan hal itu. DImana perangkat tambahan
(add-on) tersebut dijual dengan harga tertentu.
Namun ada berita penting dari
Unity3d tertanggal 21 Mei 2013 yang dimuat di blog resmi
Unity yaitu bahwa sebuah game atau applikasi yang dibuat agar dapat dimainkan
di perangkat mobile yang selama ini membutuhkan add-on dengan lisensi PRO
sekarang sudah di gratiskan alias FREE. Jadi sekarang kita bisa membuat game
atau aplikasi yang bisa kita jalankan di perangkat mobile (Android dan iOS)
dengan mudah dan gratis.
Hal utama yang membuat Unity3d
sangat terkenal adalah kemampuannya dalam mengontrol berbagai Object
(GameObject) dalam game atau applikasi dengan mudah. Fitur GUI (Graphic User Interface), Audio, Animasi, Effect, dan
Scripting (Pemrograman) dimiliki oleh Unity3d dan proses
mempelajarinya sangat mudah untuk pemula.
Unity3d mendukung Scripting (pemrograman) dengan menggunakan
berbagai bahasa pemrograman diantaranya C#, JavaScript (UnityScript), dan BOO
Script. Jika sebelumnya kita mempunyai code C# yang penting, kita bisa
menggunakannya di Unity dengan mudah.
Hal lain yang penting dari Unity
adalah adanya Asset Store,
dimana disini kita bisa membeli berbagai paket yang bisa kita gunakan sebagai
asset dalam project kita, juga tersedia beberapa yang gratis.
Website resmi
dari Unity3d ada di : http://unity3d.com
Fitur-fitur
- Rendering
Graphics engine yang digunakan
adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL
ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada pula kemampuan untuk bump
mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen space ambient occlusion
(SSAO), dynamic shadows using shadow maps, render-to-texture and full-screen
post-processing effects.
- Scripting
Script game engine dibuat dengan
Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer dapat
menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax
ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax
bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity
menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug script.
- Asset Tracking
Unity juga menyertakan Server Unity
Asset – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper game asset dan script. Server
tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend, sistem audio dibuat
menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar Ogg Vorbis compressed
audio), video playback menggunakan Theora codec, engine daratan dan vegetasi
(dimana mensuport tree billboarding, Occlusion Culling dengan Umbra), built-in
lightmapping dan global illumination dengan Beast, multiplayer networking
menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari jalur built-in.
- Platforms
Unity support pengembangan ke
berbagai plaform. Didalam project, developer memiliki kontrol untuk mengirim
keperangkat mobile, web browser, desktop, and console. Unity juga mengijinkan
spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di setiap platform yang
didukung.
- Asset Store
Diluncurkan November 2010, Unity
Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity editor. Asset store
terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages, beserta 3D models,
textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan
project, scripting package, editor extensions dan servis online.
Unity
juga
memiliki suport built-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0)
dari Nvidia (sebelumnya Ageia) dengan penambahan kemampuan untuk
simulasi real-time
cloth pada arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision
layers.
- Physics
- HPL Engine
Dan yang terakhir yaitu HPL Engine, nama
game engine ini adalah inisial dari orang tersebut. Dari penjelasan singkat
barusan, bisa ditebak bahwa game-game hasil dari GE ini adalah game horror.
Game Engine ini dibuat oleh developer Indie Frictional Games, yang menghususkan
dalam pembuatan First Person Survival Horror. HPL adalah GE cross-platform (PC,
Mac, Linux) yang kompatibel dengan OpenGL, OpenAL, dan Newton Game Dynamics.
Fitur utama Game Engine ini adalah
interaksi objek yang sangat detail dengan penggunaan mouse dan keyboard. Dengan
kata lain, game-game hasil dari GE ini memiliki physics yang detail.
Keistimewaan lainnya adalah GE ini mendukung SSAO (Screen Space Ambient
Occlusion) dan Deferred Shading. Walaupun keistimewaannya tidak terlalu banyak,
spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan game-game hasil GE ini
cukup tinggi (tergantung resolusi layar).
Kelemahannya yang cukup fatal tersebut
bisa dan harus dimaklumi, karena pembuat HPL Engine generasi pertama kurang
dari 10 orang ! Dan pembuat HPL Engine 2 kurang dari 20 ! Dengan angka
sesedikit itu, dan bisa membuat game engine yang menghasilkan game epik Amnesia
The Dark Descent, para pembuat GE ini patut diacungi jempol !
Adapun game engine tanpa repot
mengetikkan bahasa pemrograman. Dan yang tak kalah pentingnya, semua game ini
adalah free alias gratis untuk digunakan.
contoh salah satu game menggunakan HPL engine :
ID Tech Engine
Engine ini adalah kakek
dari segala game bergenre FPS. Sebenarnya, GE ini dibuat untuk game HoverTank
3d. Lalu berlanjut menghasilkan game FPS pertama Catacomb 3d, tapi
karena kurang terkenal, dibuatlah Wolfenstein 3d. id Tech juga
menghasilkan Game-game FPS Old School Quake series dan Doom Series, dengan Engine
yang telah dimodifikasi. GE ini memiliki 5 generasi, dengan adanya FPS hebat
hasil GE ini di setiap jamannya. Generasi terakhirnya adalah id Tech 5, yang
menghasilkan game open-world post-apocalyptic bergenre FPS-Racing, RAGE.
Keunggulan dari Game
Engine ini adalah bisa membuat MegaTexture, yaitu texture game yang bisa
mencapai resolusi 128.000 x 128.000 pixel ! Dan juga dunia dinamis dengan
Terrain Editor yang sederhana tetapi kompleks. GE ini juga memungkinkan
pembuatan hanya satu jenis texture yang bisa dipakai untuk PC maupun console,
yang sangat memudahkan port antar platform. Keunggulan lain adalah Soft-Edged
Shadows, HDRR, dan beberapa fitur standar Game Engine.
source :
http://www.davidprasetyo.com/2015/05/bikin-game-3d-cepat-dan-mudah-3d-rad.html
http://www.panduaji.net/2010/12/sedikit-share-blender-game-engine.html
http://flowlab.io/
http://ruangkomputer.com/software-atau-aplikasi-gratis-dan-mudah-pembuat-game/
http://www.sederhanagulo.com/belajar-unity3d-game-engine.html
http://rolliawati.dosen.narotama.ac.id/2013/09/13/game-engine/Semester6
0 komentar:
Posting Komentar