Sabtu, 12 Maret 2016

#PetGame Aspek Bisnis Dalam Dunia Game


Game bukan hanya sekedar game. Itulah kalimat yang tepat bagi para developer game, mungkin sebagian besar para developer hebat, menganggap game bukan hanya sekedar media hiburan, media pembelajaran, namun sekaligus sebagai bisnis yang menggiurkan, kenapa dibilang menggiurkan ? coba kalian lihat saja para developer game yang sukses, contohnya developer game yang mendadak sukses 2013-2014 kemarin, dia adalah Dong Nguyen. masih ingatkah kalian ?

Yup dia adalah developer game flappy bird, game yang membuat para pemainnya kesal namun penasaran. hahaha.. Dan kalian tau mengapa Dong Nguyen dikatakan mendadak sukses, itu dikarenakan  lewat game flappy bird ini dia bisa mencetak penghasilan sebesar $50 ribu (mungkin setara dengan Rp 600 juta) per hari.. wow wow wow... Oleh sebab itulah mengapa game dibilang sebagai bisnis yang menggiurkan.
Seperti judul postingan diatas saya akan membahas tentang aspek bisnis dalam dunia game. Okee langsung saja cekidot..
Dibawah ini merupakan aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam dunia game.

Modal Dasar 

Yang dimaksud dengan modal dasar itu bukan hanya berbentuk uang ataupun financial saja, akan tetapi bisa juga berbentuk keterampilan ataupun tenaga ahli. Dalam memulai bisnis game, tentu kita memerlukan sebuah tim, dengan keahlian dibidangnya masing-masing seperti : Game Designer, programmer, illustrator, translator, dll

Biaya Operasional

Inilah poin yang bicara tentang uang. Mengapa kita memerlukan uang ? tentu kita memerlukan uang, uang diperlukan untuk biaya peralatan kerja, modal awal, hingga pemasaran. Disini kita harus sangatlah jeli dan memperhitungkan bagaimana suatu bisnis game itu terbangun serta berjalan dengan lancer agar bisa mengalami kemajuan dan mendapatkan keuntungan yang semakin lama semakin meningkat.

Keuntungan (laba) 

Setelah mengetahui tentang modal dasar serta biaya operasional, maka mulailah bisnis berjalan, mulai dari sini kita bisa memperhitungkan apakah bisnis ini mempunyai keuntungan jika dijalankan terus-menerus atau sebaliknya jika dijalankan terus-menerus semakin timbul kebangkrutan, alangkah baiknya jika kita menghentikan bisnis ini dan melakukan intropeksi kesalahan. Saya tidak bilang anda harus berhenti berbisnis, namun belajarlah dari kesalahan, jangan kalah dengan keterpurukan.

Masa Depan Bisnis

Aspek ini akan mengkaji lebih komprehensif mengenai masa depan bisnis Anda. Jangan sampai, kita tahu bahwa bisnis game yang digeluti adalah bisnis musiman, namun perencanaan yang diterapkan adalah untuk bisnis yang permanen. Modal Investasi Kedepan, keuntungan menjadi tolok ukur keberhasilan suatu bisnis dan apa langkah selanjutnya ? dalam artian setelah bisnis telah kembali modalnya bagaimana seorang pebisnis itu mengembangkan modal awalnya dan menabung keuntungan yang telah kita dapat dari bisnis yang sudah dijalani.

Sumber :


Semester6

0 komentar:

Posting Komentar