Sabtu, 12 Maret 2016

#PetGame Klasifikasi Game

 Hasil gambar untuk game

Game, pada intinya adalah sebuah interaktif, aktivitas yang berpusat pada sebuah pencapaian, ada pelaku aktif, ada lawan anda (Crawford, 2003). Selain itu ada definisi game yang dikemukakan oleh ahli lain yaitu Game adalah sebentuk karya seni di mana peserta, yang disebut Pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumberdaya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan (Costikyan, 2004).  Klasifikasi game dimaksudkan untuk memudahkan pengelompokan jenis game. Beberapa klasifikasi game adalah seperti berikut :

  1. Game as Game, Game yang dimaksud adalah game untuk kesenangan atau fun.
  2. Game as Media, Tujuan utama dari game as media adalah untuk menyampaikan pesan tertentu, menyampaikan pesan dari pembuat game tersebut.
  3. Game Beyond Game, Bisa disebut juga dengan istilah gamification. Gamification adalah penerapan konsep atau cara berpikir game design ke dalam lingkup non-game.   

Selain klasifikasi game, terdapat jenis platform yang digunakan dalam pengembangan atau pengaplikasian game. Beberapa jenis platform game adalah sebagai berikut :
  1. Arcade games, yaitu yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil. 
  2. PC Games , yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.. 
  3. Console games, yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.. 
  4. Handheld games, yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP. 
  5. Mobile games, yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA (Dwiperdana, 2011).

Refrensi :

http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0ahUKEwiatM7A6rrLAhWLxI4KHbWsBjQQFggcMAA&url=http%3A%2F%2Fjsiskom.undip.ac.id%2Findex.php%2Fjsk%2Farticle%2Fdownload%2F80%2F54&usg=AFQjCNFq61b9ON7CnOfRYQ1iI2PUNqb6Tg&bvm=bv.116573086,d.c2E

Semester6

0 komentar:

Posting Komentar